Pembelajaran SBDP di sekolah dasar, khususnya pada pembelajaran seni tari memegang peranan penting dalam mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang bertujuan untuk meningkatkan Kreativitas siswa kelas V pada pembelajaran dasar-dasar gerakan tari kreasi melalui metode demonstrasi di SD Negeri Sukasari. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi, dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Kreativitas siswa meningkat dari 68,72% pada tahap pratindakan, menjadi 75,36% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,07% pada siklus II. Peningkatan terjadi pada seluruh indikator Kreativitas belajar yang meliputi memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, berani mengungkapkan pendapat dan terbuka terhadap hal baru. Temuan ini menunjukkan bahwa dasar-dasar gerakan tari kreasi melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan Kreativitas belajar siswa kelas V di SD Negeri Sukasari.
Copyrights © 2025