Pembelajaran matematika menjadi salah satu faktor hambatan dalam pembelajaran pada kurikulum merdeka. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika di SD/MI pada kurikulum merdeka dan untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian tinjauan literature guna membangun dasar yang kuat dalam pembahasan. penulis juga mengumpulkan data berdasarkan hasil observasi di sekolah pada saat pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi rendahnya minat dan motivasi belajar, keterbatasan kemampuan, persepsi yang keliru terhadap mata pelajaran matematika, serta kurangnya pemahaman dasar matematika. Sementara itu, faktor eksternal mencakup keterbatasan kompetensi pendidik terhadap kurikulum, kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran, serta kendala dalam penyesuaian dan implementasi Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu penelitian ini menyimpulkan bahwa diperlukan penerapan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sekaligus memperkuat kompetensi pendidik dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara efektif dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025