Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 3 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 3 Tahun 2025

Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Edugame Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Mata Kuliah Statistik

Listyotami, Mega Kusuma (Unknown)
Nurhayati, Siti (Unknown)
Rahmiyanti, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Selain memberikan pengetahuan konseptual, pendidikan tinggi harus mendorong pengembangan kemampuan kognitif tingkat tinggi, seperti berpikir reflektif. Ketika berhadapan dengan kompleksitas permasalahan dunia nyata yang menuntut penilaian, interpretasi pengalaman pendidikan, dan pengambilan keputusan yang bijaksana dan kritis, berpikir reflektif sangatlah penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model discovery learning berbantuan Edugame Kahoot memengaruhi kemampuan berpikir reflektif mahasiswa di kelas statistik. Penelitian ini menggunakan pra-eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design sebagai metodologi penelitiannya. Sebanyak empat puluh lima mahasiswa menjadi sampel penelitian. Metode tes yang digunakan untuk pengumpulan data dibagi menjadi fase pretes dan posttes. Perangkat lunak SPSS 22 digunakan untuk perhitungan uji-t metode pengolahan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa paradigma pembelajaran penemuan berbantuan Edugame Kahoot berdampak pada kemampuan berpikir reflektif mahasiswa di kelas statistik. Hasil uji-t menunjukkan bahwa t hitung adalah 7,722 dan t tabel (df 43 = 1,680). Nilai t tabel (1,680) lebih besar daripada nilai t hitung (7,722). Berdasarkan hasil penelitian, Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir reflektif mahasiswa di kelas statistik dipengaruhi oleh paradigma model discovery learning dengan bantuan Edugame Kahoot. Berdasarkan hasil analisis, korelasi antara kemampuan berpikir reflektif mahasiswa di kelas statistik dan model discovery learning berbantuan Edugame Kahoot memiliki nilai R sebesar 0,763, yang menempatkannya dalam kategori Kuat. Nilai R kuadrat sebesar 58,2%, menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan Edugame Kahoot berkontribusi sebesar 58,2% terhadap kapasitas berpikir reflektif mahasiswa di kelas statistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...