Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa kelas III UPTD SD Negeri 12 Parepare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dan motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 24 siswa dan 1 guru. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B) pada aspek siswa berada pada kualifikasi Cukup (C) dan siklus I motivasi belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B), pada aspek siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan siklus II motivasi belajar berada pada kualifikasi tinggi (T). Sedangkan pada siklus III hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B), pada aspek siswa berada pada kualifikasi baik (B), dan siklus III motivasi belajar berada pada kualifikasi Sangat tinggi (ST). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan proses dan motivasi belajar siswa kelas III UPTD Negeri 12 Parepare.
Copyrights © 2025