Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Keberagaman Sosial dan Budaya di kelas IV UPT SD Negeri 7 Benteng SIDRAP. Penulisan ini menggunakan metode pra experiment dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penulisan adalah siswa kelas IV yang diberikan pretest sebelum penerapan model Value Clarification Technique (VCT) dan posttest setelahnya. Hasil penulisan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Nilai rata-rata pretest sebesar 36,47 meningkat menjadi 85,29 pada posttest. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2025