Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): NOVEMBER

Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 7 Benteng SIDRAP

Nuryulia (Unknown)
Ritha Tuken (Unknown)
Abdul Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Keberagaman Sosial dan Budaya di kelas IV UPT SD Negeri 7 Benteng SIDRAP. Penulisan ini menggunakan metode pra experiment dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penulisan adalah siswa kelas IV yang diberikan pretest sebelum penerapan model Value Clarification Technique (VCT) dan posttest setelahnya. Hasil penulisan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Nilai rata-rata pretest sebesar 36,47 meningkat menjadi 85,29 pada posttest. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...