Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V UPT SDN 7 Benteng. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design , di mana hanya terdapat satu kelompok tanpa kelas kontrol. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik uji t sampel berpasangan melalui bantuan aplikasi SPSS versi 30. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,055 < 0,119, yang berarti penggunaan media Wordwall memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Wordwall mampu meningkatkan minat belajar siswa, karena penyajian materi menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan.
Copyrights © 2025