Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): NOVEMBER

Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V UPT SD Negeri 7 Benteng Sidrap

Putri Ayu (Unknown)
Ritha Tuken (Unknown)
Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V UPT SDN 7 Benteng. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design , di mana hanya terdapat satu kelompok tanpa kelas kontrol. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik uji t sampel berpasangan melalui bantuan aplikasi SPSS versi 30. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,055 < 0,119, yang berarti penggunaan media Wordwall memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Wordwall mampu meningkatkan minat belajar siswa, karena penyajian materi menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...