Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V UPT SD 12 Bila Kabupaten Sidrap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V UPT SD 12 Bila Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V UPT SD Negeri 12 Bila Kabupaten Sidrap dengan melibatkan 1 guru kelas dan 14 peserta didik yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada model analisis data kualitatif yang terdiri dari 3 tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil proses pembelajaran berada pada kategori cukup (C) dan hasil belajar peserta didik berada pada kategori kurang (K). Pada siklus II hasil obsevasi proses pembelajaran berada pada kategori baik (B) dan hasil belajar peserta didik berada pada kategori baik (B). Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V UPT SD 12 Bila Kabupaten Sidrap.
Copyrights © 2025