Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan dari media pembelajaran interaktif berbasis animasi terhadap minat belajar IPAS kelas IV UPTD SD Negeri 62 Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Groub Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran interatif berbasis animasi dan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvesional. Instrument utama dalam penelitian ini adalah angket minat belajar yang terdiri dari 20 butir pernyataan dengan skala likert 1-4. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas untuk memastikan syarat uji-t terpenuhi. Selanjutnya, dilakukan uji-t independent sampel untuk melihat perbedaan rata-rata minat belajar antara dua kelompok Hasil dari analisis statistik inferensial dengan uji independent sample t-test menunjukkan Sig (2-tailed) =0,000 < 0,05, sehingga ditolak atau diterima. Dengan demikian, simpulan dari peneliti ini adalah terdapat perbedaan antara minat belajar IPAS peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis animasi dengan peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran konvensional di kelass IV UPTD SD Negeri 62 Parepare.
Copyrights © 2025