Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 240 Pinrang pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran PAIKEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 20 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan angket motivasi belajar.oHasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan kualitas proses pembelajaran pada setiap siklus. Pada siklus I motivasi belajar siswa berada pada kategori kurang dengan rata-rata 66%, aktivitas guru mencapai 53% dan aktivitas siswa 59%. Pada siklus II terjadi peningkatan motivasi menjadi 74% (cukup), aktivitas guru 73%, dan aktivitas siswa 76%. Pada siklus III peningkatan yang signifikan terjadi dengan motivasi belajar mencapai 85% (baik), aktivitas guru 93%, dan aktivitas siswa 82%. Penerapan model PAIKEM memberi dampak positif terhadap keaktifan siswa, keberanian berpendapat, dan keterlibatan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PAIKEM terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS, dan indikator keberhasilan tercapai pada siklus III.
Copyrights © 2025