Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak di kelompok B TK Putra 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Putra 1 Mataram, yang terdiri dari 19 anak (10 laki-laki dan 9 perempuan). Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak meningkat setelah dilakukan tindakan dengan kegiatan fun cooking. Sebelum diberikan tindakan, persentase hasil kemampuan kreativitas anak sebesar 42,36% atau berada dalam kategori belum berkembang. Pada siklus I, hasil ini mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata persentase mencapai 49,46% atau berada pada kategori mulai berkembang, kemudian mengalami peningkatan lebih lanjut pada siklus II dengan nilai rata-rata persentase mencapai 84,51% dengan kategori berkembang sesuai harapan. Tindakan yang diberikan dapat dikatakan berhasil karena tingkat kreativitas siswa di akhir siklus II berada di atas indikator tingkat pencapaian yang ditetapkan, yakni sebesar 80%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kegiatan fun cooking dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Putra 1 Mataram.
Copyrights © 2025