Perkembangan teknologi robotika telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Robotika, sebagai bidang multidisiplin yang menggabungkan aspek mekanika, elektronika, dan ilmu komputer, memiliki potensi besar untuk diterapkan dalam pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pengenalan sistem robotika di SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh serta mengkaji dampaknya terhadap pengetahuan dan motivasi siswa. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi identifikasi kebutuhan mitra, perencanaan materi, pelaksanaan kegiatan, praktik sederhana, hingga evaluasi. Dokumentasi kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari siswa selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Hasil evaluasi melalui kuesioner dan observasi lapangan mengindikasikan bahwa siswa memperoleh peningkatan pemahaman tentang konsep dasar robotika serta terdorong untuk lebih berminat pada bidang STEM. Guru pendamping juga menilai kegiatan ini relevan dengan kebutuhan pembelajaran dan membuka peluang pengembangan robotika sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Dengan demikian, kegiatan pengenalan robotika tidak hanya berkontribusi pada peningkatan literasi teknologi siswa, tetapi juga menjadi langkah awal dalam membangun ekosistem pendidikan berbasis teknologi yang berkelanjutan di SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh.
Copyrights © 2025