PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 9 Nomor 2 Oktober 2025

Hubungan Hardiness Dengan Stres Akademik Dalam Penyusunan Skripsi Mahasiswa

Rahmawati, Annisa (Unknown)
Sutja, Akmal (Unknown)
Ramadhoni, Sri Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Tekanan yang dialami mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan skripsi kerap muncul dari tuntutan akademik, ekspektasi sosial, keterbatasan waktu, hingga ketidakpastian masa depan, sehingga berpotensi menimbulkan stres akademik. Kondisi ini menuntut adanya ketahanan mental atau hardiness sebagai mekanisme internal yang membantu individu bertahan, beradaptasi, dan tetap produktif menghadapi tantangan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hardiness, tingkat stres akademik, serta hubungan keduanya pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Jambi angkatan 2021. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan sampel 158 mahasiswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket Google Form, sedangkan analisis data dilakukan dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan tingkat hardiness mahasiswa berada pada kategori tinggi (73,42%), begitu pula tingkat stres akademik (63,19%). Uji korelasi Pearson menghasilkan nilai r = -0,615 yang menunjukkan hubungan negatif signifikan dengan kategori hubungan memadai. Artinya, semakin tinggi hardiness mahasiswa, semakin rendah stres akademik yang dialami dalam penyusunan skripsi. Dengan demikian, hardiness terbukti berperan penting dalam membantu mahasiswa akhir menghadapi tekanan akademik, meningkatkan ketahanan diri, serta mendukung kelancaran penyelesaian skripsi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...