Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi ReTII
2025: Prosiding Seminar Nasional ReTII ke-20 (Edisi Penelitian)

KINERJA DINAMIS DAN SISTEM KEMUDI MOBIL DAIHATSU AYLA TIPE 1.0 MT 2017

Saputra, Agung Wahyu (Unknown)
M. Abdulkadir (Unknown)
Warsita, Aris (Unknown)
Sugati, Daru (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2025

Abstract

Sistem independen yang saling terkait untuk menciptakan prinsip gerakan maupun stabilitas pengendaliannya merupakan sistem penting yang ada pada sarana trasportasi. Sistem penunjang transportasi kususnya pada mobil yang cukup vital adalah sistem kemudi dan sistem kinerja dinamis mesin. Keduanya memiliki peran penting sebagai penunjang stabilitas dan performa dalam operasional mobil. Publikasi ini menjelaskan studi analisis dinamika penggerakan kendaraan, analisis sistem pengereman, serta analisis sistem kemudi (Ackerman). Tujuan dari penelitian ini menganalisis sistem kemudi dan kinerja dinamis mobil yang sangat populer di Indonesia, yaitu Daihatsu Ayla tipe 1.0 MT tahun 2017. Hasil menunjukan bahwa daya puncak mobil 65,8 Ps pada 5920 rpm, torsi puncak 96,47 Nm pada 3600 rpm, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan maksimal 55,5 m/s adalah 27,053 s. Selain itu karena Daihatsu Ayla adalah mobil berpenggerak depan, distribusi pengereman cenderung di roda depan karena berat mobil cenderung lebih berat di bagian depan. Daihatsu Ayla juga memiliki batas kecepatan aman ketika berbelok, apabila mobil berbelok melewati batas kecepatan, resiko mobil tergelincir dan terguling akan semakin besar.

Copyrights © 2025