Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam pelaksanaan layanan khusus ekstrakurikuler sebagai strategi pengembangan potensi dan pembentukan karakter peserta didik di SDN Ketintang 1 Surabaya. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi, penelitian ini menyoroti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta dukungan berbagai pihak membentuk pola layanan ekstrakurikuler yang efektif. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa layanan ekstrakurikuler tidak hanya berfungsi sebagai kegiatan pengayaan, tetapi juga memberikan dampak signifikan berupa peningkatan disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kepercayaan diri, serta kemampuan siswa dalam mengenali dan mengembangkan minat serta bakat mereka. Kebaruan penelitian ini terletak pada pemetaan proses operasional layanan secara menyeluruh, mulai dari strategi pembinaan, mekanisme koordinasi, hingga bentuk evaluasi yang sebelumnya belum terdokumentasi pada konteks sekolah dasar ini. Hasil penelitian menegaskan bahwa dukungan guru, sekolah, dan orang tua menjadi faktor determinan keberhasilan layanan meskipun terdapat kendala fasilitas dan waktu. Secara praktis, penelitian ini memberikan implikasi bagi sekolah untuk memperkuat manajemen ekstrakurikuler dan membangun kolaborasi berkelanjutan demi terciptanya lingkungan pendidikan yang adaptif dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik
Copyrights © 2025