Penelitian ini berfokus pada pembiasaan nilai-nilai akhlak Islami melalui kegiatan rutin harian di PAUD/TK Khalifah Al Fatih. Pembentukan akhlak pada anak usia dini paling efektif ketika dilakukan melalui pengalaman sehari-hari yang autentik dan dilakukan secara berulang. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan model pembiasaan berbasis rutinitas yang terstruktur serta mengembangkan instrumen observasi sederhana untuk menilai perilaku akhlak anak setiap hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan salam, doa pagi, muroja’ah, antre, berbagi, merapikan barang, serta penggunaan kata tolong, maaf, dan terima kasih menjadi sarana efektif internalisasi nilai akhlak. Keteladanan guru menjadi faktor utama, diperkuat oleh suasana emosional yang hangat dan kolaborasi berkelanjutan dengan orang tua. Model ini terbukti efektif menumbuhkan sikap sopan santun, disiplin, empati, dan tanggung jawab pada anak. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembiasaan yang sistematis dapat diterapkan secara praktis dalam pendidikan anak usia dini untuk membangun dasar akhlak yang kuat
Copyrights © 2025