Minat belajar peserta didik sekolah dasar berperan penting dalam membentuk sikap positif terhadap proses pembelajaran dan berkontribusi terhadap hasil belajar jangka panjang. Namun, minat belajar yang rendah masih menjadi permasalahan, salah satunya disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dan tidak interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game Wordwall terhadap minat belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Kertajaya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 60,50 menjadi 70,10 pada posttest. Hasil uji t test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan game Wordwall terhadap minat belajar peserta didik. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran berbasis game edukatif Wordwall dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan keterlibatan dan minat belajar peserta didik di jenjang sekolah dasar.
Copyrights © 2025