Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam bentuk kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. dalam usaha sagu basah di Desa Sungai Bemban. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity, Threats) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, serta bauran pemasaran (7P: Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence). Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan (strength) yang dimiliki pada usaha sagu basah di Desa Sungai Bemban Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu yaitu biaya promosi rendah, dapat mengandalkan media lokal. Kemudian, kelemahan (weakness) yang dimiliki yaitu pada produk belum mempunyai label dan merek. Selanjutnya pada faktor eksternal peluang (oppurtunities) yang dimiliki pada usaha sagu basah di Desa Sungai Bemban Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya adalah produk sagu basah masih banyak diminati masyarakat. Sementara itu, ancaman (threats) yang dimiliki yaitu pada kemasan produk masih sederhana sehingga kurang menarik di pasar modern.
Copyrights © 2025