Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di KB Miftahul Ulum Lowokjati Singosari dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar huruf hijaiyah pada anak usia 4–5 tahun melalui penerapan metode Tilawati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan dilakukan (pra-siklus), minat belajar anak tergolong rendah akibat penggunaan metode yang monoton dan kurang interaktif. Pada siklus I, penerapan metode Tilawati mulai menunjukkan dampak positif melalui penggunaan lagu dan kartu Tilawati secara klasikal dan individual, yang meningkatkan keterlibatan anak. Pada siklus II, penambahan media pembelajaran dan pendekatan yang lebih personal berhasil meningkatkan minat belajar secara signifikan, dengan 80% anak menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap pembelajaran huruf hijaiyah. Metode Tilawati terbukti efektif dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini, didukung oleh teori perkembangan Piaget dan pendekatan motivasi belajar menurut Sardiman.
Copyrights © 2025