JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 6 No. 2 (2025): JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Pola Konsumsi Digital: Persepsi Mahasiswa FISIP Unsoed terhadap Praktik Akun Sharing Netflix dari Penjual Non resmi

Loen, Haura Sabitta Zikra (Unknown)
Masrukin, Masrukin (Unknown)
Santoso, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan meningkatnya permintaan dan keragaman konten digital. Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini populer digunakan adalah aplikasi streaming. Aplikasi streaming berbasis langganan pada kenyataannya menimbulkan praktik ilegal, yaitu akun sharing di masyarakat terutama di kalangan generasi Z sebagai pengguna terbanyak aplikasi streaming. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna akun sharing ilegal aplikasi streaming Netflix di kalangan mahasiswa FISIP Unsoed. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Informan dipilih dengan menggunakan metode snow ball. Teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena pengguna akun sharing aplikasi Netflix adalah teori interaksionisme simbolik dari Mead. Teori interaksionisme simbolik merupakan pendekatan sosiologis yang berfokus pada bagaimana individu menciptakan makna melalui interaksi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan lingkungan sosial terdekat seperti keluarga dan teman sebaya memiliki peran penting pada pembentukan pola konsumsi digital mahasiswa, termasuk dalam memperkenalkan dan menyebarluaskan penggunaan akun sharing aplikasi Netflix. Pengalaman mahasiswa menggunakan akun sharing aplikasi Netflix menunjukkan sebuah konsumsi digital yang tidak resmi memiliki struktur sosial dan logika perilaku yang kompleks. Fenomena penggunaan akun sharing aplikasi Netflix di kalangan mahasiswa menunjukkan bahwa norma kolektif dan logika sosial lebih dominan membentuk persepsi tindakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...