JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 6 No. 2 (2025): JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Respon Sosial terhadap Viralitas Media : Studi pada Pembentukan Persepsi Orang Tua dalam Kasus Video Guru dan Murid di Kota Gorontalo

astuti, Febiola (Unknown)
Tanipu, Funco (Unknown)
Harold, Rudy (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana viralitas media berperan dalam membentuk respon sosial dan persepsi orang tua terhadap kasus video asusila antara guru dan murid di Kota Gorontalo Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus fenomenologis yang berfokus pada pengalaman sosial dan proses pembentukan makna di kalangan orang tua Informan utama penelitian ini ialah para ibu dari kelompok Beringin Rempong di Kelurahan Tuladenggi dengan anak anak mereka sebagai informan pendukung Data diperoleh melalui wawancara mendalam observasi dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa viralitas media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan persepsi dan respon sosial orang tua Kasus yang viral tidak hanya menimbulkan reaksi emosional seperti marah kaget dan prihatin tetapi juga mendorong refleksi moral dan perubahan sikap dalam pola pengasuhan anak Proses pembentukan makna sosial berlangsung melalui tiga tahapan konstruksi sosial menurut Berger dan Luckmann yaitu eksternalisasi ketika orang tua mengekspresikan pandangan dan reaksi melalui percakapan dan media sosial; objektivasi ketika makna bersama terbentuk dalam kelompok dan menjadi kesepahaman moral; serta internalisasi ketika nilai nilai tersebut dihayati dan diwujudkan dalam tindakan nyata seperti peningkatan pengawasan komunikasi dan bimbingan etika di keluarga Dengan demikian viralitas media sosial tidak hanya memengaruhi opini publik tetapi juga berperan sebagai sarana terbentuknya kesadaran sosial dan moral baru di lingkungan keluarga < p>

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...