Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMAN 20 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning dengan menggunakan metode study history sheet (SHS) dan model discovery learning. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 20 Makassar yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 30 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar (posttest) pada materi pokok ikatan kimia yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok eksperimen yaitu 70,4 sedangkan untuk kelompok kontrol yaitu 65,1. Hasil analisis statistik inferensial untuk data hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Zhitung(α= 0.05) = 6,65 > Ztabel= 1,64, dengan demikian maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMAN 20 Makassar pada materi ikatan kimia.
Copyrights © 2025