Score
Vol 5 No 2 (2025): Score

Pengembangan Konten Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pendidikan jasmani Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Irawan, Indra (Unknown)
Waldo, Kevin (Unknown)
putra, anggrawan janur (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Kahoot untuk evaluasi pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yang dirancang untuk menghasilkan dan menguji efektivitas produk tertentu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa produk pengembangan konten Kahoot sebagai media evaluasi pembelajaran penjas dinyatakan valid oleh tim ahli, dengan nilai rata-rata validitas materi 38 (kategori sangat baik) dan validitas media 61 (kategori sangat baik). Respon dari guru juga sangat baik, dengan nilai rata-rata 48. Praktikalitas produk diuji melalui uji coba pada siswa, dengan hasil bahwa 47,1% dari 10 siswa dalam kelompok kecil dan 40,08% dari 25 siswa dalam kelompok besar berada dalam kategori baik hingga sangat baik. Ini menunjukkan bahwa Kahoot sebagai media evaluasi pembelajaran penjas termasuk dalam kategori praktis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

score

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Journal Score Journal Score publishes research on various aspects of sports and exercise science, including anatomy, biomechanics, performance analysis, physiology, psychology, sports nutrition, health and well-being, as well as talent and physical development and identification. ...