JPNM : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin
Vol. 3 No. 4 (2025): December : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin (ACCEPTED)

Pengendalian Kualitas Layanan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wanua Wenang Manado

Regitha Margaretha Rarung (Unknown)
Magdalena Wullur (Unknown)
Arrazi bin Hasan Jan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengendalian kualitas layanan pelanggan diterapkan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wanua Wenang Manado. Layanan pelanggan merupakan aspek krusial dalam keberlangsungan PDAM karena berkaitan langsung dengan kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari manajer, admin, staf lapangan dan pelanggan PDAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM telah memiliki fondasi sistem pengendalian kualitas dan mekanisme layanan pelanggan yang terstruktur. Namun, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan efektivitas layanan, diperlukan peningkatan pada kecepatan respons terhadap keluhan, penguatan koordinasi internal, modernisasi infrastruktur distribusi serta peningkatan transparansi dan komunikasi yang lebih intensif kepada pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPNM: Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin is an open access journal, and a peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from academics, researchers and practitioners in the fields of Humanities and social sciences, Contemporary political science, Education ...