JPNM : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin
Vol. 3 No. 4 (2025): December : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin (ACCEPTED)

Proses Kemandirian Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu: Studi Kasus di Provinsi Yala,Thailand Selatan

Andi Afsarina (Unknown)
Ratna Wulandari (Unknown)
Rukiana Novianti Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali proses kemandirian mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Provinsi Yala, Thailand Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian ini melibatkan enam mahasiswa perguruan tinggi yang memiliki pengalaman bekerja paruh waktu minimal enam bulan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi nonpartisipan, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan empat tema utama: pengambilan keputusan mandiri, tanggung jawab dan kontrol diri, dukungan sosial, dan motivasi dalam bekerja. Mahasiswa menunjukkan kemampuan menyeimbangkan tanggung jawab akademik dan pekerjaan melalui manajemen waktu yang efektif, kemandirian finansial, dan pengambilan keputusan yang matang. Dukungan sosial dari keluarga, teman, dan tempat kerja berperan penting dalam menjaga keseimbangan. Penelitian ini mengindikasikan bahwa pengalaman kerja paruh waktu memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kemandirian mahasiswa, tidak hanya didorong oleh kebutuhan ekonomi tetapi juga aktualisasi diri dan kesiapan menghadapi kehidupan dewasa awal. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dalam memahami dinamika psikologis, sosial, dan budaya yang memengaruhi kemandirian mahasiswa serta implikasi praktis bagi lembaga pendidikan tinggi dalam merancang layanan bimbingan dan dukungan psikologis yang sesuai bagi mahasiswa pekerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPNM: Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin is an open access journal, and a peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from academics, researchers and practitioners in the fields of Humanities and social sciences, Contemporary political science, Education ...