Penelitian ini mengakaji efektifitas penerapan media pembelajaran Aplikasi Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perubahan bentuk energi di SDN 1 Gudang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan dalam metode ceramah yang kurang efektif, berdasarkan observasi dan wawancara dengan peserta didik. Aplikasi Wordwall diimplementasikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut, dengan tujuan meningkatkan aktivitas peserta didik dan menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Wordwall berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dibandingkan dengan metode ceramah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran Aplikasi Wordwall dibanding dengan metode ceramah Nilai rata- rata kelas kontrol 63,82 sedangkan kelas eksperimen 77,41. Hal ini dapat dilihat juga pada hasil penghitungan uji-t nilai pos-tes kedua kelas dengan menunjukkan thitung = 3.500 dan ttabel = 2.032 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Copyrights © 2025