Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 16 No 2 (2025): Edisi Desember

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SDN 1 GUDANG

Magfiro, Ani (Unknown)
Pratiwi, Vidya (Unknown)
Febrianto, Mory Victor (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini mengakaji efektifitas penerapan media pembelajaran Aplikasi Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perubahan bentuk energi di SDN 1 Gudang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan dalam metode ceramah yang kurang efektif, berdasarkan observasi dan wawancara dengan peserta didik. Aplikasi Wordwall diimplementasikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut, dengan tujuan meningkatkan aktivitas peserta didik dan menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Wordwall berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dibandingkan dengan metode ceramah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran Aplikasi Wordwall dibanding dengan metode ceramah Nilai rata- rata kelas kontrol 63,82 sedangkan kelas eksperimen 77,41. Hal ini dapat dilihat juga pada hasil penghitungan uji-t nilai pos-tes kedua kelas dengan menunjukkan thitung = 3.500 dan ttabel = 2.032 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...