Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Besuki. Metode dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam hal ini peneliti mengumpulkan datanya melalui berbagai Teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan mempelajari dokumen-dokumen agar mudah dipahami untuk siswa dengan mengetahui penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman mengemukakan bahwa aktifitas dalam analisis data kualitatif ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas serta datanya sudah jenuh. Penggunaan media gambar juga disetarakan dengan materi dan tingkat perkembangan siswa. Maka dari itu pemilihan media yang menarik akan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam proses pembelajaran sehingga mempermudah siswa untuk memahami materi. Hal ini tentu mengidentifikasikan bahwa dengan penggunaan media gambar inilah siswa dapat lebih memahami materi yang telah diajarkan guru.
Copyrights © 2025