JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 2 No. 6 (2025): November

DARI UBI LOKAL JADI CAMILAN HITS PERJALANAN UBI CRUNCHY STIK

Ratri Pramudita (Unknown)
Annita Yunida Fikri (Unknown)
Mutiara Putri Syahrani (Unknown)
Karyadi Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi perjalanan Ubi Crunchy Stik, sebuah produk UMKM lokal yang berhasil mengubah ubi jalar, komoditas lokal, menjadi camilan modern yang diminati masyarakat melalui pemanfaatan media sosial yang efektif. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan, serta tantangan yang dihadapi dalam proses pengembangan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi dalam pengolahan produk, branding yang konsisten, penggunaan platform media sosial secara strategis, pembuatan konten berkualitas, dan interaksi langsung dengan konsumen merupakan faktor kunci kesuksesan Ubi Crunchy Stik. Tantangan utama meliputi menjaga konsistensi kualitas produk, persaingan dengan merek besar, keterbatasan kapasitas produksi, dan kebutuhan inovasi berkelanjutan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi UMKM lain yang ingin mengembangkan produk lokal menjadi produk yang kompetitif di pasar melalui transformasi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemba

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI Berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Jurnal ini memberikan ruang bagi para peneliti untuk berdiskusi, mengejar dan meningkatkan pengetahuan di bidang ...