AbstrakĀ Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi organisasi kampus dan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dalam memperkuat sikap toleransi budaya pada mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis 2023 Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan kepada seluruh mahasiswa yang memenuhi kriteria partisipasi organisasi serta pengalaman menempuh mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40 mahasiswa yang memenuhi kriteria beranggapan bahwa organisasi kampus menyediakan ruang interaksi lintas budaya melalui berbagai aktivitas kolaboratif, seperti kepanitiaan, diskusi, dan rapat yang terbukti membantu mahasiswa dalam menanamkan sikap memahami perbedaan. Selain itu, mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan juga dapat memperkuat pemahaman mahasiswa mengenai nilai kebangsaan, Wawasan Nusantara, prinsip demokrasi, serta urgensi penghormatan terhadap keragaman budaya. Materi tersebut tidak hanya memberikan dasar konseptual, tetapi juga mendorong mahasiswa untuk mengimplementasikannya dalam dinamika kehidupan kampus. Berdasarkan temuan penelitian, kedua faktor tersebut berkontribusi secara saling melengkapi dalam proses internalisasi nilai toleransi budaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa organisasi kampus dan Pendidikan Kewarganegaraan memiliki pengaruh signifikan dalam pembentukan sikap toleran mahasiswa.Kata kunci: Organisasi kampus, Pendidikan Kewarganegaraan, Toleransi budaya, Multikulturalisme
Copyrights © 2025