Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan computational thinking (CT) siswa SMP dalam implementasi Kurikulum Merdeka melalui pelatihan pemrograman menggunakan RoboMind. Metode yang digunakan adalah Project-Based Learning (PBL) dengan pendekatan simulasi robot virtual untuk memperkuat pemahaman konsep algoritma dan logika pemrograman. Kegiatan dilaksanakan di salah satu sekolah tingkat SMP yang menghadapi tantangan kurangnya media pembelajaran interaktif serta keterbatasan guru dalam penggunaan teknologi berbasis simulasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar pemrograman dan penyelesaian masalah berbasis logika. Sebanyak 80% peserta mampu menyelesaikan tantangan pemrograman dasar, sedangkan 75% peserta berhasil mengimplementasikan proyek akhir berbasis CT. Pelatihan ini terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif siswa, sekaligus mendukung pencapaian tujuan pendidikan berkualitas sebagaimana diamanatkan dalam SDGs poin keempat.
Copyrights © 2025