Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 8

PKM Pengemasan dan Pemasaran Produk Olahan pada Pelaku Usaha Berbasis Rumah Tangga di Desa Pancana Kabupaten Barru

Suhaeb, Firdaus W. (Unknown)
Ahmad, M. Ridwan Said (Unknown)
Kaseng, Ernawati S. (Unknown)
Sadriani, A. (Unknown)
Suhaeb, Sutarsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Tujuan pelatihan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam pengemasan produk dan pemasaran  produk sehingga pendapatan mitra pelaku UMKM dapat meningkat. Metode alih teknologi yang digunakan dalam kegiatan pelatihan PKM ini adalah Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Demonstrasi, dan pendampingan yang dilengkapi dengan teknik belajar sambil bekerja (learning by doing). Khalayak sasaran antara kegiatan PKM ini adalah pelaku UMKM di Desa Pancana Kabupaten Barru sebagai mitra PKM, sedang sasaran utama adalah pelaku UMKM berbasis rumah tangga di Desa Pancana. Hasil pelaksanaan pelatihan PKM menunjukkan bahwa adanya antusiasme peserta selama pelaksanaan pelatihan PKM. Hal ini terlihat dari motivasi peserta untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi, demostrasi dan aplikasi, serta pendampingan selama pelaksanaan pelatihan. Antusiasme dan partisipasi aktif peserta dalam pelaksanaan pelatihan menunjukkan wujud keberdayaan dan muncul karakter kemandirian peserta pelatihan. Luaran pelaksanaan pelatihan adalah 1) Mitra PKM memiliki pemahaman dalam merancang desain kemasan produk olahan mereka. 2) Mitra PKM memiliki pemahaman dan keterampilan dalam merancang desain label dan teknik mendesain kemasan untuk produk olahan mereka.3) Mitra PKM memiliki pemahaman tujuan dan manfaat pemasaran secara on line melalui media sosial, serta bagaimana memasarkan produk secara on line. Kemudian mitra memiliki keterampilan tentang cara memasarkan produk secara on line line melalui media sosial, strategi membangun kredibilitas dan kepercayaan, cara mencari konsumen, dan cara membangun relasi melalui beberapa platfom media sosial.    Kata kunci: Pengemasan produk; Pemasaran; Produk olahan, Pelaku usaha

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

semnaslpm

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari ...