Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran di sekolah dasar melalui integrasi model Problem Based Learning (PBL) dengan media digital interaktif. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar serta keterlibatan siswa yang terbatas akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan guru dan siswa dari beberapa sekolah dasar sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi, diskusi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PBL yang dikombinasikan dengan media digital interaktif seperti Digital Pop-Up Book, PAPERTIKA berbasis Canva, Wordwall, dan Quizizz Paper Mode mampu meningkatkan aktivitas belajar, pemahaman konsep, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, serta mendorong siswa untuk aktif dalam memecahkan masalah. Inovasi ini selaras dengan Kurikulum Merdeka dan dapat menjadi alternatif efektif untuk menciptakan pembelajaran bermakna di sekolah dasar.
Copyrights © 2025