Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya komitmen anggota dalam organisasi mahasiswa rantau yang menghambat kinerja dan keberlanjutan organisasi. Komitmen organisasi merupakan aspek penting yang menunjukkan keterlibatan, identifikasi, dan loyalitas anggota terhadap tujuan bersama dalam organisasi. Apalagi organisasi mahasiswa memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi dan keterampilan sosial mahasiswa yang jauh dari lingkungan tempat tinggal. Penelitian bertujuan untuk melaksanakan program intervensi psikoedukasi berbasis Theory of Planned Behavior (TPB) guna meningkatkan komitmen anggota organisasi. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest, yang melibatkan pengukuran skala komitmen sebelum dan sesudah intervensi. Intervensi berupa psikoedukasi dengan pendekatan team coaching model GROW (Goal, Reality, Options, Will) berbasis ebook yang mencakup pemahaman nilai-nilai organisasi, tantangan komitmen, dan strategi peningkatan sikap dan motivasi anggota. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor komitmen pada seluruh partisipan setelah intervensi, dengan peningkatan signifikan yang mencerminkan dampak positif program. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa program StayInSync efektif dalam memperkuat komitmen anggota organisasi mahasiswa rantau, penelitian ini juga menawarkan implikasi penting untuk strategi pengelolaan dan pengembangan organisasi di lingkungan kampus.
Copyrights © 2025