Jurnal Pembelajaran Fisika
Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Fisika

Pengaruh Pengunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Hukum Gravitasi Newton Terhadap Hasil Belajar Siswa

Siti Mardian Rahayu (University of Lampung)
Chandra Ertikanto (Unknown)
Ismu Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

 The purpose of this research is to know how the influence of the use of Multi-representation based contextual learning module on Gravity Newton Law study on student learning outcomes in SMA Negeri 1 Padang Cermin. This research was conducted in SMA Negeri 1 Padang Cermin with Pretest-Posttest Control Group Design. The data analysis technique of student learning result using the  N-gain score and hypothesis test using Independent T-Test test. Sig value. (2-tailed) by 0.000 <0.05. The results of this study indicate that the use of Multi-representation based contextual module has a significant improvement on student learning outcomes, this is indicated by the difference in the average value of N-gain in the control class of 0.35 with the low category and the average value of N-gain on experimental class 0.64 with a moderate category.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan modul konstektual berbasis multirepresentasi pada pembelajaran Hukum Gravitasi Newton terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Padang Cermin dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent T-Test. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul konstektual berbasis multirepresentasi memiliki peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan  rata-rata nilai N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,35 dengan katagori rendah dan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,64 dengan katagori sedang.Kata kunci: Hasil Belajar Saiswa, Hukum Gravitasi Newton, Modul Kontektual berbasis Multirepresentasi, 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPF

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran Fisika (p-ISSN: 2302-0105, e-ISSN: 2684-9828) is a media publication for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to issues of physics teaching and learning innovation which include: 1. Assessment including formative, summative, ...