Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 4 (2025): November

Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Di RA An-Najah Kota Mataram Kecamatan Selaparang

Tazun Nisa Febrianti, Maelani (Unknown)
Sukardi (Unknown)
Ika Rachmayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan ular tangga terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di RA An-Najah Desa Dasan Agung Kecamatan Selaparang. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest pada anak usia 5–6 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrumen lembar observasi perkembangan kognitif. Analisis data menggunakan uji t berpasangan dan uji N-Gain. Hasil pretest menunjukkan rata-rata skor 42,3 sedangkan posttest meningkat menjadi 79,7 Uji  sebesar 3,464 dengan signifikasi sebesar 0,00< 0,05, yang berarti terdapat peningkatan signifikan pada perkembangan kognitif anak setelah perlakuan. Nilai N-Gain rata-rata sebesar 64,83 yang termasuk dalam kategori sedang, menunjukkan efektivitas media permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Dengan demikian, ada pengaruh permainan ular tangga terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di RA An-Najah kota mataram kecamatan selaparang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...