Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Salimah di Desa Bantan menghadapi tantangansignifikan yang menghambat kualitas pembelajaran. Permasalahan utama yangteridentifikasi adalah (1) ketiadaan fasilitas sanitasi yang layak dan akses air bersih, (2)ruang belajar yang tidak kondusif, dan (3) minimnya sarana edukatif serta bahan ajarliterasi religius yang inovatif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) inibertujuan untuk merevitalisasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di TPA Salimahmelalui pemberdayaan berbasis tiga pilar: sanitasi, sarana edukatif, dan literasi religius.Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) melaluiempat tahapan: (1) Analisis kebutuhan dan koordinasi, (2) Rehabilitasi fisik (toilet, ruangbelajar), (3) Edukasi (PHBS), penyusunan modul, dan pelatihan tutor, serta (4) Serah terimasarana dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan penyelesaian 100% masalah sanitasidengan terbangunnya toilet baru yang higienis dan tandon air. Ruang belajar menjadi lebihnyaman, dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) telah diterapkan oleh anak. Selain itu,telah dihasilkan Modul Literasi Qurani Anak yang inovatif, peningkatan kompetensipedagogik tutor, serta ketersediaan buku-buku literasi dan rak buku. Program ini berhasilmentransformasi lingkungan TPA Salimah menjadi lebih sehat, nyaman, dan kaya secaraedukatif, yang secara langsung mendukung peningkatan kualitas pembelajaran anak.
Copyrights © 2025