Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program kelas digital dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program kelas digital di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan utama penelitian yaitu penanggung jawab kelas sedangkan informan pendukung yaitu tim pengurus dan guru kelas digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwah pelaksanaan program kelas digital di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang sudah berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam pelaksanaan program kelas digital di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang dengan adanya adanya koordinasi, pengarahan, motivasi, dan komunikasi dalam pembentukan sumberdaya kelas digital, pembinaan pelatihan, evaluasi program kelas digital serta dalam peningkatan pengetahuan penggunaan teknologi belajar.
Copyrights © 2025