Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa di SMP Negeri 1 Tuhemberua. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang memiliki karakteristik dengan menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kreatif maupun kritis serta untuk memperoleh pengetahuan dengan melibatkan kerja proyek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk eksperimen. Subyek penelitian adalah kelas VII-1 sebanyak 32 orang dan VII-2 sebanyak 32 orang yang dipilih melalui teknik stratified random samping. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa dalam bentuk essay yang didukung dengan penilaian proyek. Hasil analisis tes kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa thitung 9, 863 > ttabel 1,999 dan tes kreativitas menunjukkan thitung 10,795 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,05. Temuan ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terbukti memberikan dampak bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas. Kesimpulan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah yang paling solutif dan berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa
Copyrights © 2025