Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti
Vol. 6 No. 4 (2025)

OPTIMALISASI MEDIA BERBASIS GAME MELALUI WORKSHOP GIMKIT BAGI KOMUNITAS BELAJAR GURU SMP

Kuswanto, Heru (Unknown)
Ratnawati, Susi (Unknown)
Ratna, Muhammad Hanif (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Pembelajaran berbasis game semakin berkembang sebagai strategi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik. Namun, pemanfaatan media teknologi berbasis game masih belum banyak dikuasai oleh guru di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis game melalui workshop yang memanfaatkan platform Gimkit sebagai media pembelajaran interaktif. Mitra dalam program pengabdian ini adalah komunitas belajar Edu-Station BI-20, yang mencakup lima sekolah, yaitu SMPN 2 Madiun, SMPN 3 Madiun, SMPN 4 Madiun, SMPN 11 Madiun, serta SMP Bakti Ibu Madiun. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk pengawas SMP, kepala sekolah, serta para guru. Metode yang digunakan adalah workshop guru. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam mengintegrasikan Gimkit sebagai media pembelajaran yang interaktif. Hasil analisis mengungkapkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran Gimkit mengalami peningkatan signifikan, dari 2,59 (kategori rendah) menjadi 4,57 (kategori sangat tinggi). Selain itu, guru menjadi lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Implikasi dari pengabdian ini menunjukkan bahwa workshop berbasis komunitas dapat mempercepat adopsi metode pembelajaran inovatif serta mendorong kolaborasi antar sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jailcb

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Environmental Science

Description

The Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB) is a community service journal. Focus dan scope of this journal is applying of science communication technology, sports, culture and arts in empowering the community, and education for sustainable ...