Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau biasa dikenal dengan HOTS sangat dibutuhkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21 ini. HOTS tidak hanya menuntut siswa untuk menghafal tetapi menuntut siswa untuk berikir kritis, kreatif, dan analitis sehingga mampu memecahkan masalah kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS pada Muatan Pelajaran IPAS kelas VI di SDN 1 Suela. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas VI SDN 1 Suela. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang diberikan sebanyak 6 soal muatan esai IPAS berbasis HOTS yaitu indikator C4, C5, dan C6. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 6 siswa berkemampuan tinggi, 11 siswa berkemampuan sedang, dan 12 siswa berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal HOTS pada muatan pelajaran IPAS kelas VI di SDN 1 Suela. Penelitian ini dapat melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).
Copyrights © 2025