Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk implementasi, nilai-nilai karakter yang dominan muncul serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan P5 dalam penguatan karakter siswa kelas IV di SDN Manggong. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, sekolah membentuk tim fasilitator, menentukan dimensi, tema, alokasi waktu, dan menyusun modul proyek. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi dengan fokus pada pengolahan sampah plastik menjadi hiasan dinding bertema “Kurangi Plastik, Hidup Jadi Asyik”. Tahap evaluasi menekankan penilaian proses menggunakan lembar observasi dan rubrik. Faktor pendukung meliputi sarana prasarana dan antusiasme siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan karakter serta kurangnya dukungan orang tua.
Copyrights © 2025