Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaranmendesain batik di SMKN 1 Lubuk Sikaping masih bersifatkonvensional. Guru menyampaikan materi melalui penjelasanlisan dan contoh visual statis tanpa dukungan media interaktif.Selain itu, siswa sebenarnya telah memiliki perangkat digital seperti smartphone Android, tetapi belum dimanfaatkan secaraoptimal dalam proses belajar. Berdasarkan hal tersebut, penelitianini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran“Mendesain Motif Batik dengan Aplikasi IbisPaint X” sebagaisarana pembelajaran digital yang interaktif dan relevan dengankebutuhan siswa jurusan Busana di SMK. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analisis dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa untuk mengidentifikasikebutuhan media pembelajaran. Tahap desain dan pengembanganmencakup penyusunan naskah, pembuatan storyboard, sertaproduksi video pembelajaran yang berisi pengenalan aplikasiIbisPaint X, teori dasar batik, dan praktik mendesain motif flora dan fauna secara digital. Uji validitas dilakukan oleh ahli materidan ahli media, sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 89,5 % (sangat valid), sedangkan ahli media sebesar 90% (sangat valid). Uji praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 94,64% (sangat praktis), dan oleh siswa sebesar 83,72% (sangat praktis). Berdasarkan hasil tersebut, media video pembelajaran inidinyatakan layak dan praktis digunakan. Media video berbasisaplikasi IbisPaint X ini membantu siswa memahami langkah-langkah mendesain motif batik digital, meningkatkan motivasibelajar, serta mendorong kreativitas dalam pembelajaran desainbusana.
Copyrights © 2025