This research aims at determining the effectiveness of cooperative-based class climate to improve mental model and the mastery of concept. The method used in this research was quasi experiment with pree-post test design, conducted in the academic year 2016-2017 at SMPN 31 Bandar Lampung. The data collecting technique used was observation sheet for the teachers ability in teaching learning proses and students activity, guestiannaire for student activities. Mental model and concept mastery data were gained by tes , then analyzed to obtain n-Gain. Result showed that the class climate used has: high effectiveness of teachers ability in learning management, studen activites and students response, students mental model that could be improved into good and very good model mental, students concept mastery improved with n-Gain category medium.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklim kelas Berbasis kooperatif untuk meningkatkan model mental dan penguasaan konsep. Pemilihan sempel penelitian dilakukan secara acak dari 11 kelas pararel kelas VIII SMPN 31 Bandar Lampung, sehingga diperoleh kelas VIII H dan VIII J sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pree-post test dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2016-2017 di SMPN 31 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi untuk kemampuan guru dalam pembelajaran dan aktifitas siswa, angket untuk respon siswa. Data model mental dan penguasaan konsep diperoleh dengan test, kemudian dianalisis untuk memperoleh n-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklim kelas yang digunakan memiliki: Keefektifitasan yang tinggi dari kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran, aktifitas siswa dan respon siswa, model mental siswa yang dapat ditingkatkan kearah model mental baik dan baik sekali, penguasaan konsep siswa meningkat dengan n-Gain berkatagori sedang.Kata Kunci: Iklim Kelas, Pembelajaran Kooperatif, Model Mental dan Penguasaan Konsep.
Copyrights © 2017