Jurnal Literasiologi
Vol 14 No 2 (2025): Jurnal Literasiologi

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS AUDIO VISUAL DI SDIT RABBI RADHIYYA REJANG LEBONG

Andika, Joko (Unknown)
Khoirunisa, Khoirunisa (Unknown)
Tiara, Meza (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya penerapan media berbasis visual audio dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong.  Pada penerapannya  tentu dalam pelaksanaanya terdapat hal hal yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis hal yang berkaitan dengan penerapan media berbasis visual audio dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif yakni Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif yakni penelitian lapangan yang menuntut secara langsung peneliti ke tempat yang diteliti untuk mendapatkan informasi secara langsung dari informan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field reaseach), yakni penelitian yang dilakukan secara langsung terjun ke lapangan untuk mendapatkan serta mengumpulkan informasi dari responden dan informan serta objek yang diamati melalui instrument pengumpulan data. Jenis penelitian adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan metode analisis dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh huberman dan miles yang meliputi: Reduksi data, Display data, Pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian, keabsahan data menggunakan sistem triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan media berbasis visual audio dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis visual audio diterapkan secara sistematis mulai dari Guru menyesuaikan media dengan kebutuhan siswa, merencanakan pembelajaran, mendampingi fokus belajar, mengaktifkan metode pembelajaran, dan mengevaluasi media untuk perbaikan. Hambatannya yakni berkaitan dengan perbedaan tingkat pemahaman siswa terhadap media.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...