AWLADY Jurnal Pendidikan Anak
Vol 11, No 2 (2025)

Studi Komparatif Persepsi Pendidik terhadap Mutu Layanan PAUDQu Jawa Barat

Apsari, Nurcita (Universitas Pendidikan Indonesia)
Zaman, Badru (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kurniati, Euis (Universitas Pendidikan Indonesia)
Alam, Aam Saepul (Kemenag RI)
Panjaitan, M. Azhari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Arini G, Alfianti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Lisania, Tiara (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fitri S, Aida (Universitas Pendidikan Indonesia)
Khoerunnisa, Salsabila (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ibrahim H, Ainun (Universitas Pendidikan Indonesia)
Indira H, Fakhita (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Standarisasi mutu layanan menjadi kebutuhan mendesak dalam pengelolaan PAUD berbasis Al-Qur’an (PAUDQu), terutama dalam menjawab keragaman praktik dan tuntutan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pelaksana pendidikan terhadap kebutuhan standarisasi mutu serta melihat perbedaan persepsi berdasarkan status jabatan, usia, dan lama mengajar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan komparatif dengan jumlah responden sebanyak 89 orang, yang terdiri dari kepala lembaga, guru, dan tenaga kependidikan di empat wilayah Jawa Barat. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert empat poin, dan analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif serta uji Kruskal-Wallis. Hasil menunjukkan bahwa persepsi pelaksana pendidikan terhadap pentingnya standarisasi mutu layanan PAUDQu berada dalam kategori tinggi. Skor tertinggi terdapat pada item yang berkaitan dengan kebutuhan pedoman pembelajaran dan jaminan mutu. Uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,883, menandakan instrumen sangat reliabel. Uji Kruskal-Wallis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan dalam persepsi berdasarkan status jabatan dan usia, sedangkan lama mengajar tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kesimpulannya, pelaksana pendidikan PAUDQu memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya standarisasi mutu. Temuan ini menekankan perlunya penyusunan kebijakan mutu yang mempertimbangkan latar belakang pelaksana pendidikan agar dapat diterapkan secara efektif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025