Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan video edukasi yang mengangkat isu sosial dengan menggunakan CapCut sebagai alat produksi multimedia yang mudah diakses dan ramah digunakan oleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui tahapan pra-produksi, produksi, dan pascaproduksi sesuai prinsip alur kerja multimedia. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi proses pengeditan, serta survei tanggapan penonton untuk mengetahui efektivitas penyampaian pesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur CapCut seperti pemotongan, transisi, efek teks, filter visual, dan peningkatan audio berperan signifikan dalam pengembangan narasi video yang informatif dan persuasif. Evaluasi penonton terhadap lima aspek yaitu kejelasan pesan, kualitas visual, kualitas audio, daya tarik konten, dan relevansi isu menunjukkan skor rata-rata di atas 4, sehingga membuktikan efektivitas video dalam menyampaikan pesan sosial. Dengan demikian, CapCut terbukti relevan, efisien, serta mendukung pembelajaran multimedia dan produksi konten edukatif di lingkungan akademik.
Copyrights © 2025