Pada penelitian ini mengkaji tentang penggunaan aplikasi CapCut sebagai alat untuk pengeditan video yang mudah diakses dan efisien untuk membuat video promosi interaktif, terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah serta para kreator yang baru mulai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik fitur-fitur CapCut seperti filter, penyesuaian HSL, color grading, efek visual, dan transisi mendukung pembuatan konten promosi yang menarik dan komunikatif. Metodologi yang digunakan mengacu pada Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam fase, yaitu ideation, desain, pengumpulan bahan, proses produksi, pengujian, dan distribusi. Studi kasus dilakukan pada video promosi Burger Bangor, menonjolkan identitas visual dengan warna khas, pengambilan gambar dekat, dan elemen grafis yang dinamis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CapCut menawarkan proses produksi yang cepat, mudah, dan hemat biaya, sambil tetap menghasilkan tayangan visual yang sesuai untuk promosi digital di platform seperti Instagram Reels. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi editing berbasis ponsel bisa menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan kreativitas dan jangkauan pemasaran digital.
Copyrights © 2025