Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh penggunaan media simulasi interaktif PhET (Physics Education Technology) terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada materi Gelombang siswa kelas VIII SMP. Latar belakang utama penelitian ini didasarkan pada tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran IPA, di mana konsep-konsep yang bersifat abstrak seperti Gelombang, sering menjadi hambatan utama yang menyebabkan rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode Kajian Pustaka Sistematis (Systematic Literature Review), di mana berbagai temuan dari penelitian-penelitian eksperimen dan literatur terdahulu yang relevan mengenai penggunaan PhET pada jenjang SMP dianalisis dan disintesis secara mendalam. Hasil sintesis literatur secara konsisten menunjukkan bahwa penerapan media simulasi PhET memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP, dengan tingkat efektivitas yang optimal pada jenjang ini, bahkan memiliki nilai effect size yang lebih tinggi dibandingkan jenjang lainnya. Secara spesifik, media PhET terbukti efektif dalam memfasilitasi visualisasi konsep abstrak seperti gelombang berjalan dan gelombang stasioner, serta meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konseptual pada materi Getaran dan Gelombang. Disimpulkan bahwa media simulasi PhET memiliki pengaruh positif yang kuat dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi Gelombang, dan direkomendasikan untuk diintegrasikan sebagai solusi inovatif dalam mengatasi kesulitan pembelajaran konsep abstrak.
Copyrights © 2025