Jurnal Abdimas Komunikasi dan Bahasa
Vol. 5 No. 2 (2025): Desember 2025

Peningkatan Kesadaran Literasi Digital Siswa-Siswi SMK Grafika Desa Putra Untuk Menangkal Berita Palsu

Subekti, Komarudin (Unknown)
Vahista, Salwa Lila (Unknown)
Wibisono, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini  bertujuan memfasilitasi terkait peningkatan kesadaran literasi digital untuk Siswa-Siswi SMK Grafika Desa Putera, Jagakarsa, Jakarta Selatan dalam  mengetahui ciri-ciri dan kategori berita palsu menjadi semakin penting karena melatih siswa diarahkan untuk berpikir kritis untuk menangkal berita palsu dengan serangkaian kegiatan yang mencakup penyuluhan, diskusi interaktif, dan simulasi identifikasi berita palsu. Kegiatan ini diadakan selama dua hari, dengan metode komprehensif  yang mencakup ceramah, praktik langsung, monitoring dan evaluasi. Hasilnya menunjukan meningkatkan kemampuan Siswa-Siswi di SMK Grafika Desa Putera dalam mengidentifikasi sumber informasi yang valid dan resmi, meningkatnya motivasi terhadap akses literasi digital, dan peningkatan kesadaran sosial dan etika digital. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesadaran literasi digital Siswa-Siswi SMK Grafika Desa Putera diharapkan dengan terciptanya lingkungan digital dikalangan siswa yang lebih aman, positif dan informatif di sekolah. Selain itu, juga memberikan kontribusi dalam mempersiapkan bekal kepada siswa-siswi di sekolah mengenai peningkatan yang signifikan dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilan literasi digital. This Community Service Program (PKM) aims to facilitate the improvement of digital literacy awareness among the students of SMK Grafika Desa Putera, Jagakarsa, South Jakarta. The goal is to help students recognize the characteristics and categories of fake news, which is increasingly important as it trains students to think critically in countering misinformation through a series of activities including counseling sessions, interactive discussions, and fake news identification simulations. This program was held over two days using a comprehensive method that included lectures, hands-on practice, monitoring, and evaluation. The results showed an increase in the students’ ability to identify valid and official sources of information, higher motivation to access digital literacy resources, and greater awareness of social and digital ethics. This program also had a positive impact on raising digital literacy awareness among the students of SMK Grafika Desa Putera. It is expected to help create a safer, more positive, and informative digital environment among students at school. In addition, the program contributes to better preparing the students by significantly improving their knowledge, attitudes, and skills in digital literacy.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdikom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Komunikasi dan Bahasa merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang pertama kali publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No 2776-4737 dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jurnal Abdimas Komunikasi dan Bahasa merupakan jurnal hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dengan ...