Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH

Agus, M. Agus Afifuddin (Unknown)
Lesmono, Albertus Djoko (Unknown)
Nuraini, Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik merupakan masalah di Indonesia. Berdasarkan hasil observasi di salah satu SMA di Jember, proses pembelajaran fisika masih didominasi oleh pengajar. Peserta didik hanya menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, sehingga menyebabkan peserta didik kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Model Project Based Learning telah banyak diterapkan dengan hasil yang positif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui Project Based Learning pada rangkaian arus searah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Arjasa, Kabupaten Jember. Responden penelitian adalah peserta didik kelas XII-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator memberikan penjelasan sederhana sangat baik, indikator membangun keterampilan dasar sangat kurang, indikator menyimpulkan sangat baik, indikator membuat penjelasan lebih lanjut baik, dan indikator mengorganisasikan strategi dan taktik sangat baik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dimunculkan melalui sintaksis model Project Based Learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalcerdik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Topik artikel ilmiah yang akan diproses dan diterbitkan adalah bidang pendidikan dan pengajaran. Topik ini tidak dibatasi pada satu bidang pendidikan dan pengajaran saja, tetapi pada seluruh jenjang pendidikan dan pengajaran. Lingkup Topik Berdasarkan Tingkat Pendidikan: Pendidikan Anak Usia Dini ...