PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol. 14 No. 1 (2026): Joint Prosiding IPS dan Seminar Nasional Fisika

RANCANG BANGUN ALAT PERAGA TERMOSKOP

Kareena Zalfa Elysia (Unknown)
Hadi Nasbey (Unknown)
Upik Rahma Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat validitas dari alat peraga fisika berupa termoskop yang dirancang sebagai media pembelajaran dalam materi termodinamika. Alat ini berperan dalam membantu meningkatkan pemahaman konsep melalui keterkaitan langsung antara teori fisika dan pengalaman empiris siswa, sehingga memperkuat pemahaman teori. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan proses pengembangan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun penelitian dibatasi hinggi tahap Develop. Pada tahap Define dilakukan literatur terhadap prinsip kerja termoskop dan analisis kebutuhan melalui penyebaran angket, wawancara dengan guru, dan observasi langsung pada proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan adanya ketertarikan pada pembelajaran apabila dilakukan peragaan terutama pada materi termodinamika. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti merancang alat peraga sederhana sebagai media pembelajaran. Pada tahap Design dan Develop, dilakukan perancangan gambar alat dan pembuatan kelayakan alat serta eksperimen pengguna. Alat peraga sederhana ini dirancang agar menciptakan situasi belajar yang menarik dan memotivasi serta dapat meningkatkan pemahaman kontep pada materi termodinamika. Produk akhir diharapkan dapat membantu peserta didik memahami materi lebih baik.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...